Join The Community

Search

Selasa, 03 Mei 2011

Kurikulum pembelajaran SMK


Didalam Kurikulum pembelajaran SMK, Multimedia memiliki struktur sebagai berikut :
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi & Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Multimedia
  • Tujuan Kompetensi Keahlian Multimedia
Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, agar kompeten, memiliki sikap ramah, santun serta beriman dan taqwa.
Kompetensi yang dimiliki siswa/ siswi pada setiap jenjang pendidikan adalah sebagai berikut :
a. Level 1
: Mengoperasikan software dan periferal
(a) Digital Illustration
(b) Digital Imaging
(c) Web Design
b. Level 2
: Mengoperasikan software dan periferal
(a) Multimedia
(b) Presentasi
(c) 2D Animation
(d) 3D Animation
(e) Merakit Komputer
(f) Manajemen Periklanan
c. Level 3
: Mengoperasikan software dan periferal
(a) Digital Audio
(b) Digital Video
(c) Visual Effects
(d) Mengelola kerja kamera
  • Ruang Lingkup Pekerjaan
Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Multimedia adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI Program Keahlian Teknologi Infomatika pada jenjang SMK antara lain adalah:
No. Dunia Usaha/Industri Lingkup Pekerjaan
1. Pengembang Web
(Web Developement)
» Pembuat Web
» Pemelihara Web
2. Pengembang Multimedia
(Multimedia Development)
» Pembuat Multimedia
» Pemelihara Multimedia
3. Pengembang Permainan
(Game Developement)
» Pembuat Permainan (Games)
» Pembuat Media Simulasi (Simulator)
4. Rumah Produksi Sinema/ Film
(Production House)
» Pembuat Video Clip
» Penyunting Video
5. Industri Media dan Periklanan
(Media and Advertising)
» Pembuat Animasi
» Pembuat Media Informasi
Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Program Keahlian Multimedia juga dimungkinkan mengelola dan atau berwirausaha di bidang Multimedia .
  • Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat lunak multimedia dikelompokkan menjadi 3 yaitu :
1. Bahasa pemrograman multimedia
Merupakan bahasa-bahasa yg dipakai programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi (program) dalam multimedia.
Menurut tingkatannya, bahasa programan multimedia dibedakan menjadi 2 macam :
  • Bahasa pemrograman tingkat rendah.
Contoh : Assembly (dekat hubungannya dgn bahasa mesin)
Biasa digunakan untuk membuat game (Nintendo Entertainment System / NES, SEGA’s dan Genesis).
Proses eksekusi aplikasi cepat
  • Bahasa pemrograman tingkat tinggi
Contoh : C, C++ dan Visual C++
Hampir semua perangkat kelas dunia dari web browser dibuat dgn Visual C++.
Contoh lain : Power Builder, Delphi, SQL Windows, Visual Basic, Java
2. Perangkat lunak system
Perangkat lunak sistem terdiri dari sistem operasi dan program utility
Sistem operasi merupakan suatu system yg terdiri dari komponen-komponen software yg berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan di dalam komputer.
Sistem operasi yang banyak dipakai dalam komputer multimedia antara lain :
- DOS (Disk Operating System)
- Windows 95/98/2000
- Windows XP dan Windows NT
- Windows CE
- Palm OS
- Macintosh (Mac.) OS
- UNIX
- LINUX
3. Perangkat lunak aplikasi multimedia Merupakan program-program yg dibuat oleh personal atau pabrik komputer untuk user yg dipakai/beroperasi dalam bidang-bidang multimedia yg sfesifik. Misalnya :
a. Perangkat lunak pengolah teks
- Wordstar
- Word Perfect
- Microsoft Word
b. Perangkat lunak pengolah grafik 2D
- Photoshop
- CorelDRAW
- Macromedia Freehand
c. Perangkat lunak modeling dan animasi
- 3D Studio Max (standard modelling 3D)
- MAYA (game, animasi 3D dan efek-efek visual)
- Soft-Image (Animasi karakter)
- Light-Wave (iklan TV, Film : Babylon5, Titanic, beberapa game)
d. Perangkat lunak pengolah editing
Terdiri dari perangkat lunak editing suara dan editing video
Goldwave (perangkat lunak editing audio yg sederhana. Kemampuan : trimming, denoising, normalizing)
CoolEdit (paling populer. Fasilitas : filter, multi track, edit view, parametric EQ, organizer, mixer)
WaveLab (perangkat lunak audio profesional. Cocok untuk musisi profesional. Digunakan pada studio broadcasting, matering house, pabrik produksi CD, studio proyek, dll)
Sonar (merupakan pengganti seri Cakewalk Pro Audio yg mendukung audio dan MIDI track tak terbatas)
Ulead VideoStudio (menyediakan pilihan terbanyak pada perekaman)
Pinnacle Studio (perangkat lunak editing video yg cocok untuk perusahaan kecil dan pribadi, mudah dipahami)
Targa 3000 (merupakan editing dan compositing profesional dari pinnacle yg memadukan perangkat keras dan perangkat lunak)
Adobe Premiere (paling banyak digunakan di pasaran saat ini. Versi terbaik Adobe Premiere 6.5 dgn pilihan rela-time preview, title disigner, output DVD, dll)
Final Cut Pro (perangkat lunak editing video dan film profesional yg menerima penghargaan Emmy Engineering 2002 untuk dampaknya di industri TV dan Academy of Television Arts & Sciences)
Avid Xpress DV (dibangun pada arsitektur real-time secara revolusioner yg memberikan lebih dari 100 efek real-time yg berorientasi pemakai, color correction, vector-scope analisis, dll).
e. Perangkat lunak authoring multimedia
Peralatan authoring serupa dgn bahasa pemrograman yg memungkinkan integrasi teks, video, audio dan animasi ke dalam presentasi yg interaktif
Authoring merupakan aplikasi komputer yg memberikan peluang bagi pemakai untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dgn dragging dan dropping.
Peralatan authoring dikelompokkan menjadi 3 kategori :
1. Authoring berbasis halaman
- HyperCard
- Toolbook Assistant
2. Authoring berbasis icon
- Authorware
- Microsoft Power Point
3. Authoring berbasis waktu
- Macromedia Director
- Macromedia Flash
4. Authoring DVD
- Pinnacle Impreesion DVD
- Sonic ReelDVD
- Ulead DVD Workshop
f. Perangkat lunak berbasis web :
- Macromedia Flash
- Microsoft Front page
- Macromedia Dreamweaver

0 Commet:

Posting Komentar