Join The Community

Search

Selasa, 03 Mei 2011

KOMPONEN MULTIMEDIA


Multimedia biasanya direkam dan diputar, ditampilkan, atau diakses oleh perangkat pengolahan informasi konten, seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya. Agar produk multimedia dapat berjalan dengan baik dibutuhkan  Komponen-komponen sebagai berikut :
1. Komputer/perangkat elektronik
Komponen yang berfungsi untuk mengkoordinasikan segala hal yang dilihat dan didengar, yang berinteraksi dengan pengguna.
Perangkat komputer
2. Link
Link merupakan penghubung antara pengguna dengan informasi yang diolah. Link pada website berupa tautan URL, pada media interaktif link diakses dengan menekan button, dsb
3. Navigasi
Merupakan alat pemandu bagi pengguna untuk menjelajahi jaringan informasi yang saling terhubung. Model navigasi yang umum bisa dilihat pada windows explorer, sitemap pada website, dll
4. Perangkat penyedia tempat
Untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi. Informasi digital memerlukan tempat untuk menyimpan(server, cd, flashdisk, harddisk,memory card,dll) maupun mengolah(RAM, prosesor).
Semua komponen tersebut mendukung interaktifitas , yaitu kemampuan multimedia untuk dapat berinteraksi dengan pemakainya secara aktif sesuai dengan pengelolaan dan kebutuhan dari pemakainya.
Pembuatan produk Multimedia dan pemanfaatannya tidak hanya ditentukan oleh peralatan komputer saja tetapi juga membutuhkan keahlian berkreasi, kemampuan mengorganisasi, dan wawasan ekonomi(bisnis) sebagai komponen pendukungnya.
Secara ringkas komponen pendukung yang dipakai untuk menciptakan produk multimedia adalah:
1.  Perangkat keras.
komputer mm
Komputer multimedia
a. Sistem komputer
komputer PC desktop, komputer workstation, laptop, komputer hybrid, komputer tablet
b. Perangkat Capture
Kamera video, video recorder, microfon audio, keyboard, grafic tablet, perangkat 3d input, sensor sentuh, perangkat VR, perangkat digitalizing/sampling, pemindai
c. Perangkat penyimpanan
Harddisk, CD rom, DVD rom, Zip drive, SSD,dll
d. Jaringan komunikasi
Ethernet, token ring, FDDI, ATM, intranet, internet
f.  Perangkat penampil
speaker, HDTV, SVGA, printer, plotter, dll
2. Perangkat lunak
Perangkat lunak yang dibutuhkan juga mencakup sistem operasi komputer. Perangkat lunak aplikasi dibuat menurut fungsi spesifiknya, antara lain untuk mengedit teks, menyunting video, membuat citra 3 dimensi dll.
Perangkat lunak/software
3. Kreatifitas
Ide,konsep, dan rancangan multimedia membutuhkan kreatifitas khusus.
4. Organisasi
Organisasi diperlukan untuk membuat dan mengorganisasikan garis besar, serta perencanaan rasional yang memerinci ketrampilan, waktu, biaya, piranti, dan sumber daya yang diperlukan.

0 Commet:

Posting Komentar