Join The Community

Search

Selasa, 03 Mei 2011

DEFINISI MULTIMEDIA


Pemakaian istilah multimedia pada mulanya digunakan dalam penyajian seni pertunjukan, untuk mendramatisasi suatu cerita  dengan menambahkan unsur gerak, musik, dan video. Sekarang multimedia di asumsikan sebagai media audio visual yang memberi cakupan yang lebih luas dalam menyampaikan informasi yang utamanya disampaikan melalui teks, tidak selalu dengan menambahkan lebih banyak teks, tetapi dengan menyertakan elemen bunyi, gambar, musik,animasi ,video dan unsur interaktifitas(ref; Sejarah multimedia dan Authoring software)
unsur-unsur mm
Elemen/Unsur/obyek multimedia
Etimologi Multimedia sesuai dengan asal katanya adalah:
MULTI (latin nouns) : Banyak, macam-macam
MEDIA (latin): Sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.
Terdapat beberapa definisi menurut beberapa ahli mengenai multimedia dalam konteks komputer:
1. Multimedia adalah persekutuan media diantara sumber dan pemasukan informasi, di presentasikan dan di terima(Robert webking,2001)
2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks(McCommick,1996)
3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio, video, treks, grafik, dan gambar(Turban dan kawan-kawan)
4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,grafik, animasi, audio, dan video(Robin dan Linda,2001)
Secara garis besar multimedia dapat didefinisikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menyampaikan informasi dalam bentuk teks, audio, grafik,  animasi, dan video dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pengguna melakukan navigasi, berinteraksi, berkomunikasi, dan berkreasi .
Multimedia dimanfaatkan juga dalam berbagai aspek kehidupan. Di bidang pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara mandiri. Di bidang bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, pada media kiosk informasi, dan sistem e-learning.
Kiosk
Advance Multimedia..
Kemampuan Multimedia pada masa sekarang tidak hanya terbatas pada akses dengan indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan indra pendengaran (suara) saja, perkembangan multimedia juga merambah unsur kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman.
Teknologi multimedia melibatkan gerak manusia atau obyek , seperti pada konsol video game dan pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton.
xbox kinect dan nintendo wii menggunakan gerakan tubuh sebagai pengganti "joystik"
Bau juga mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input penditeksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil “peng-digital-an” bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan mengumpamakan proses ini dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.

0 Commet:

Posting Komentar